SOSIALISASI PAMSIMAS dan SOSIALISASI APLIKASI JOGO WARGO-JOGO NEGORO

SOSIALISASI PAMSIMAS dan SOSIALISASI APLIKASI JOGO WARGO-JOGO NEGORO

Sabtu (1/2/2020) bertempat di Balai Desa Pegongsoran Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, sedang berlangsung acara sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan Sosialisasi Aplikasi Jogo Wargo-Jogo Negoro. Dihadiri oleh BAPPEDA Kab. Pemalang, TIM PAMSIMAS Kab. Pemalang, Kapolsek, Danramil, Tomas, Toga, Pemuda, LKMD, KPMD, BUMDes, Pemuda, ketua RT/RW, bidan Desa dan dari Unsur Pendidikan (Kepala Sekolah) yang ada di lingkungan desa Pegongsoran.

Narasumber dari Bappeda kabupaten pemalang dan Tim Pamsimas Kabupaten Ibu Wulan, Ibu Dwi dan Bapak Dwi, mereka menjaskan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Sesuai dengan tujuan program, kriteria pemilihan desa/kelurahan yang akan diikutsertakan dalam program PAMSIMAS adalah: pertama, desa/kelurahan yang diusulkan termasuk dalam kategori desa/kelurahan miskin berdasarkan hasil Survai BPS 2004,kedua, desa/kelurahan yang diusulkan mempunyai prevalensi penyakit terkait air yang tinggi seperti angka kejadian Diare diatas 1.27 % per tahun, ketiga, desa/kelurahan yang tidak/kurang memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi, lebih dari 20% penduduk belum memiliki fasilitas air minum dan sanitasi. Keempat, diutamakan desa/kelurahan yang belum memdapatkan proyek sejenis dalam dua tahun terakhir.Kelima, masyarakat desa/kelurahan ikut berkontribusi dalam pembangunan yang berupa material dan tenaga yang kira-kira sebanding dengan 16 % dari total biaya serta dana tunai sebesar 4 % dari total biaya. Enam, ada kesanggupan masyarakat membayar iuran untuk biaya operasional dan pemeliharaan.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) bertujuan untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam mencapai Sasaran Millenium Development Goals (MDG).Sasaran itu diantaranya mengurangi separuh dari jumlah masyarakat yang belum memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi yang berkelanjutan pada tahun 2015 atau sebanyak 70 juta jiwa untuk cakupan pelayanan sanitasi dan 36 juta jiwa untuk cakupan pelayanan air minum.

PAMSIMAS merupakan program pinjaman pemerintah pusat yang dihibahkan langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam implementasinya harus senantiasa melibatkan masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengoperasian dan pemeliharaan. Hal ini agar masyarakat ikut berpartisipasi dan merasa ikut memiliki program. Untuk itu kemudian dipersyaratkan adanya kontribusi dana dari masyarakat sebesar 20% dari total kebutuhan dana. Empat persen (4%) dalam bentuk uang tunai dan 16% dapat berupa tenaga dan material

Ada lima komponen dalam Program PAMSIMAS yaitu : (i) Komponen Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan, (ii) Komponen Kesehatan, Higiene & Sanitasi, (iii) Komponen Penyediaan Prasarana & Sarana Air Minum dan Sanitasi, (iv) Komponen Pengembangan Produktivitas Desa, dan (v) Komponen Proyek.

Selain itu dari Polres Pemalang juga menyampaikan sosialisasi tentang JOGO WARGO JOGO NEGORO ibu Dian dan Bapak Japar beliau menjelaskan bahwa Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah membuat terobosan baru bagi pelayanan masyarakat. Terobosan berbasis teknologi informasi Smile Police Jogo Wargo Jogo Negoro ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Caranya, cukup menekan satu klik saja bisa terlayani dalam waktu tiga menit. 

Aplikasi Jogo Wargo Jogo Negoro adalah aplikasi pelayanan publik yang terintegrasi secara online. Pelayanan publik dalam hal ini adalah pelayanan kepolisiam yang diberikan kepada seluruh warga di Jawa Tengah. Aplikasi iin terintegrasi dengan 35 polres se Jateng.

Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan ini sangatlah mudah, hanya dengan men-download aplikasi Smile Police Jogo Wargo-Jogo Negoro melalui playstore di handphone secara gratis. Fitur pelayanan yang berada di dalam aplikasi ini beraneka macam. Mulai dari pengaduan, layanan kepolisian, informasi warga, telepon penting, lokasi penting saber pungli, polisi, pemerintahan, hotel, tempat wisata, bank. Termasuk ada juga giat dan agenda kepolisian.

Di samping fitur-fitur lain itu bisa dihubungkan dengan berbagai bentuk pelayanan kepolisian. Baik itu di bidang lalu lintas, intelkam, sabhara, termasuk panic button untuk meminta bantuan kepolisian, sekaligus menanyakan laporan pengaduan, sampai sejauh mana, aplikasi ini di desain bertujuan lebih memudahkan masyarakat di Jawa Tengah agar terhubung dengan kepolisiaan dengan cepat dan aman. Masyarakat yang men-download untuk menggunakan aplikasi ini harus registrasi.

Registrasinya terkonek nomor kependudukan sehingga tidak ada yang ganda, tidak ada yang main-main. Pengguna akan merasa aman dan nyaman. Data pribadi dan laporan pengaduannya hanya dia yang tahu kepada petugas polisi. Setelah menerima pengaduan, dalam waktu yang singkat atau kurang lebih tiga menit, kepolisian akan hadir. Sebab, pelayanan ini 24 jam dan sudah ada petugas yang telah ditunjuk sebagai operatornya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.